Jumat, 17 Juni 2011

DOMPU PANEN RAYA KEDELAI

proses penggilingan kedelai
Kini Dompu telah lulus menghadapi beberapa ujian serta tahapan dalam bercocok tanam kacang kedelai, dan sekarang kini mereka kerap sibuk denga memanen hasil nya yang di rawat dan di jaga selama 3 (tiga) bulan lamanya.

Sekian banyak petani yang mendapat untung akan hasil jerih payah nya, adapula yang malah mendapatkan kerugian yang di karenakan faktor gejala alam dan juga hama serta irigasi yang kurang teratur.


Tapi di sekian banyak petani yang mendapatkan kepuasan akan hasil panennya, mereka tetap mengeluhkan tentang harga yang di tawarkan oleh para calo yang membelinya, petani merasa harga yang di tawarkan oleh para calo tidak seperti yang diinginkan dan harga dari para calo berbeda-beda dan sering berubah-ubah serta penurunan harganya lebih cepat sehingga petani merasa di rugikanoleh para calo sendiri.


Kapan petani akan di untungkan dan lebih di perhatikan...???
untung akan bnyak hasil, tpi rugi akan uangnya

Adapun tanggapan dari sebagian petani bahwa, mengapa harga dan pertanian kedelai kurang di perhatikan???
jawaban nya adalah karena Bupati Dompu terlalu serius memikirkan programnya sendiri yaitu PIJAR (saPI, JAgung dan Rumput laut)

Harapan saya ini tidak ada pengaruhnya dari itu semua, mungkin ini karena calo sebagai pembeli yang hanya mencari untungnya sendiri bukan karena program BUPATI Nya.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar