Sabtu, 10 Maret 2012

KEGIATAN ANAK PETANI

KM Sanggicu: Tepatnya dilingkungan Madakimbi kelurahan kandai Satu adapun kegiatan para anak muda yang mayoritasnya anak petani, mereka mengisi waktu luang serta memenuhi kebutuhan demi membantu mengurangi beban orang tua mereka dengan cara memikul padi.
Kebanyakan pemuda melakukan hal tersebut disorehari setelah mereka pulang dari tempat mereka kerja dan adapun yang baru pulang dari sekolahnya, namun karena berhubung sekarang adalah hari minggu ujar salah satu pemikul padi, mereka lebih senang karena akan banyak upah yang akan mereka dapatkan karen mereka memikul padi dimulai pagi bhari sampai sore hari.
Mereka merasa sangat senang dan begitu menikmati pekerjaan tersebut walaupun jika kita lihat ini adalah pekerjaan yang sangat beresiko.
Yang lebih mengesankan lagi yaitu cara penentuan harga yang mereka ambil yaitu mereka hanya mengira-ngira jika kondisi jalan licin ditambah liku-liku serta jauh, maka harga upahnya tinggi, dan apa bila kondisi jalan baik sedikit liku-liku  dan jauh, harganya tidak terlalu tinggi(sedang), tapi jika dekat biar liku dan licin atau kondisi jalannya baik hargaya rendah.
Orang tua merekapun merasa gembira dengan pekerjaan serta langkah yang diambil oleh anak mereka karena dengan begitu anak-anaknya tidak membebani mereka dengan uang belanja, dan juga anak mereka bisa melatih diri mera untuk lebih mandiri lagi.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar