Rabu, 05 Maret 2014

Hama Bersayap Musuh Petani Moderen



Gb. Orang-orangan Pengusir Hama
Km. Sanggicu: Burung yang kita kenal dengan hewan berbulu dan selalu memiliki sayap, kelincahannya terbang merupkan suatu keistimewaan yang dimilii oleh hewan tersebut. Banyak peminat burung yang melihat dari segi terbang, suara dan warna. Selain itu burung juga dikenal dengan banyak fariasi bentuk dan ukuran tubuh.

Disisi lain, dari banyak peminat ternyata ada juga burung yang membuat sekelompok orang seperti petani menjadi Emosi. Tidak heran dengan keemosian mapu menampakan keanehan yang mebuat heran, Burung pipit Misalnya.

Burung pipit termasuk katagori burung pemakan bji-bijian, hampir semua petani resah dibuat oleh burung pipit tersebut, kenapa demikian, karena jika yang namanya memasuki musim penyiangan serta pengisian bulir pada tanaman padi serta gandum maka tak heran burung pipit mnejadi hama yang sangat rakus dan rutin jika dibandingkan dengan hewan lainnya.

Petani Desa Kareke Misalnya, seprti yang diamalami oleh Rasyid, salah seorang petani yang terlihat rajin memantau sawahnya sudah hampir seminggu jarang terlihat dirumahnya. Saat ditemui ternayata yang membuatnya sibuk adalah banyaknya jumlah burung pipit yang memangsa bulir padi disawahnya.
“Sebelunya sudah disiapkan alat peraga untuk mengusir burung pipit seperti orang-orangan, sidi yang di gantung, pita kaset dan banyak lagi untuk menakuti burung pipit, namun sekarang burung pipit sudah makin banyak dan semakin berani. Meski kita lakukan pengusiran dengan menggunakan kayu dan galah, namun burung-burung tersebut tetap akan kembali dan sering membuat kita jengkel” katanya.

Tidak hanya Rasyid yang mengalamai mimpi buruk, karena banyak petani lain yang yang mengeluhkan hal tersebu sewajarnya yang diamali oleh Rasyid. Didesa lain juga mengalami hal yang demikian seperti yang dialami oleh A. Hamid atau yang disapa Hima.

A. Hamid petani Ligkungan Mada Kimbi kelurahan kandai Satu Dompu kini hanya menghabiskan hari siangnya di sawah, seperti kegiatan yang dialukan oleh Rasyid, Hima juga bersiang hanya untuk untuk mengusir burung pipit yang mematok padi-padinya, keluhan yang terlepas dari mulut lelaki tua tersebut ketika ditemui disawahnya Kamis (07/02) burung pipit merupakan burung atau hama yang sangat menjengkelkan, jelasnya

Kalau saja tidak takut berimbas, lebih baik ditaburi racun dan semacamnya, tambah Hima, namun karena takut meracuni diri dan hewan lainnya yang membuat Hima dan petani lain tidak berbuat demikian, dan petani masih sanggup untuk melakukan penyiangan dan penjagaan ketat untuk mengusir dan memantau sawah mereka. Azis red

Tidak ada komentar :

Posting Komentar