Sabtu, 22 Oktober 2011

Penebangan Hutan Gunung Jati

kayu jati yang sudah di tebang
Kemarin Sabtu 22/10/11 telah terjadi penebangan kayu jati dengan cara sapu rata yang berlangsung dari pagi sampai sore hari, tempat penebangan ini berada di Desa Dorebara Kec Dompu.

Meski pembabatan ataupu penebangan kayu jati ini memiliki surat ijin dari pemerintah setempat, namun penebangan ini di anggap sangat beresiko bagi dompu kedepan, karena dilihat dari penebangan yang menyapu ratakan sebagian besar ini nanti akan rusak populasi kehidupan sekitarnya.

Menurut pemilik pohon jati yang biasa di sapa om Din ini, kayu yang ia tebang dengan menggunakan alat berat akan ia gunakan untuk pembagnan rumah nya, namun  banyak masyarakat sekitar yang merasa di rugikan dengan penebagan ini karna mereka takut akan adanya evek dari penebangan yang membabat lebih dari seratuh pohon jati tersebut,

Dan juga yang meragukan dari para warga adalah belum adanya rencana penanaman ulang untuk lahan gunung yang sudah kosong, jadi akan terlihat jelas banyaknya faktor negatif yang akan tampk dari pembabatan tersebut.

Harapannya semoga pemerintah serta pihak yang memiliki tanggung jawab agar dapat menangani serta menaggulangi hal-hal yang seperti terjadi sekarang ini. dan semoga si pemilik juga ikut serta untuk penanaman kembali / reboisasi agar tidak terjadi hal yang tidak di inginkan.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar