Jumat, 16 Desember 2011

Banjir Merusak Lahan Pertanian

petani saat mengumpulkan bibit
Kini di lahan persawahan pertanian dompu sedang di gemparkan dengan adanya hujan yang sering kali mengguyur kec.dompu dan sekitarnya sehingga mengakibatkan terjadinya peluapan air sungai yang sering di sebut dengan"banjir"

Tepatnya di area persawahan sebagian besar yang ada di kec dompu di anggap akan mengalami kegagalan dalam pertanian karena sebagian besar para petani merasa kecewa karena adanya hujan yang sering kali turun yang mengakibatkan banjir yang merusak lahan pertanian mereka.

Tidak hanya padi yang baru mereka tanam tetapi bibit yang akan di rencanakan oleh para petani untuk ditanam kini sudah banyak yang di perhitungkan awalnya tapi setelah sebagian besar banjir tersebut akan mengalami kekurangan nya.

Petani pun merasa kewalahan dan berpikir langkah apa yang harus mereka ambil demi untuk memenuhi kebutuhan pertanian  mereka.

Banyak sebab yang yang mengakibatkan adanya banjir tersebut yang di pandang oleh petani yaitu di antaranya kurang terawatnya got serta drainase irigasi serta banyaknya sampah yang menghambat kelancaran irigasi.

Mereka berharap semoga pihak-pihak yang ikut terlibat dalam hal pertanian serta irigasi persawahan dapat membantu sertra mengurangi beban mereka tersebut.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar