Senin, 15 Agustus 2011

Aktivitas Sebagian Warga Dompu.

bata merah yang masih mentah
Dompu kini sebagian warganya mencari aktifitas pda bulan puasa yaitu diantaranya,Sebagian warga mada kimbi kel. Kandai 1,dan Desa Dorebara kini tengah melakukan aktivitasnya, salah satu aktivitas yang dilakukan nya adalah membuat bata merah,
Alasan nya adalah bata yang mereka buat ini untuk membangun rumah sendiri dan ada pula untuk dijual, karena harga bata merah sekarang lumayan mahan berkisar antara Rp 650.000 sampai Rp 750.000/1000 batang bata, dan penjual juga melihat dari tingkat kematangan nya.
Jika bata yang mereka buat benar-benar matang maka harganya cukup mahal dan jika batanya kurang mata g maka harganya kurang.
Tapi banyak warga yang membuat bata merah ini untuk keperluannya sendiri yang dikarenakan oleh faktor harga yang tinggi. Jadi mereka hanya bisa membuat sendiri karena proses pembuatannya tidak terlalu susah.
Adapun cara penjualan bata merah yang unik yaitu para pembeli jika ingin mendapatkan bata dengan harga murah yaitu mereka harus membeli bata yang masih mentah karena harganga lumayan murah berkisar antara Rp 200.000 sampai Rp 250.000/1000 batang bata.
warga yang sedang asik membuat bata

Biasanya para pembeli ini adalah orang-orang yang biasa berdagang karena mereka akan mendapatkan untung 3 kali lipat tapi mereka harus mebakar sendiri batanya.
Tapi mereka menjual bata mereka dengan harga yang lebih tinggi lagi yaitu antara Rp 800.000 sampai Rp 850.000.

itulah bentuk kegiatan sebagian warga yang ada di dompu sekarang ini.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar