Kamis, 30 Januari 2014

MusrenbangDes Dorebara

Gb. Berlangsungnya Musrenbang

Km. Sanggicu: Tepatnya diaula kantor desa Dorebara, banyak sekali terdengar usulan maupun usilan serta teriakan yang seakan-akan berebut untuk menjadi suara yang pertama untuk didengar, akan tetapi sorakan protes juga tidak ingin ketinggalan yang beralasan banyak yang lebih layak untuk diutamakan.

Saat didatangi ternyata acara Musawarah Perencanaan Pembangunan Desa atau yang biasa dikenal dengan singkatan Musrenbangdesa untuk tahun depan sedang berlangsung, MusrenbangDes yang dihadiri oleh sekitar 50 orang perwakilan dari beberapa lapisan masyarakat desa Dorebara, membuat penitia pelaksana kewalahan untuk melayani keinginan masyarakat yang hadir.

Saat ditemui Tamziddun Usman  diruangan kerjanya kamis (30/1) selaku orang nomor satu di desa Dorebara, "Banyak rencana yang telah diusulkan untuk tahun 2015 oleh masyarakat yang menghadiri musrenbang, yaitu diantaranya pembuatan SPAL atau saluran pembuangan air limbah untuk semua dusun akan tetapui diutamakan untuk dusun Wera, Dusun Tente dan Dorebara Utara karena sangat beresiko banjir, perluasan drainase dan pemasangan jembatan untuk Dorebara Utara, Pemasangan lantai kali untuk Dorebara Selatan dan Potu II, yang anggarannya dari APBD jika lolos perengkingan ditingkat Kabupaten" Ujar Kades penuh Harapan

Lanjutnya, "Adajuga yang bersumber dari dana PNPM GSC yaitu ada dua bentuk perencanaan, yaitu pengadaan alat tukang (tukang batu, tukang kayu dan perbengkelan), serta pengadaan alat percetakan yang diusulkan oleh pemuda KRK, serta untuk Alokasi dana Desanya berupa pelatihan Home Industry ataun pelatihan pembuatan kue atau jajanan ringan yang krennya tataboga, dan pelatihan komputer mengingat pentingngnya bisa komputer" 
Pungkas kades tersebut.

masyarakat juga berharap atas usulan yang diberikan bisa sangat mendukung dalam pembangunan sumberdaya manusia tingkat desa, dan memperbaiki peningkatan perekonomian desa. ujar Jamaludin Aw selaku tokoh masyarakat. Az

Tidak ada komentar :

Posting Komentar