Jumat, 21 Februari 2014

Negriku Masih Saja Tertinggal.... Kok Bisa?

Mutiara Desa Woko
Dengan banyaknya kebudayaan serta pengaruh globalisasi dunia asing serta peraturan daerah dan perencanaan pembangunan yang dibilang cukup mensejahterakan rakyat, ternyata masih ada juga sebagian masyarakat desa yang kekurangan akan kebahagiaan yang terenggut akan kemajuan teknologi yang tersedia didaerah yang lainnya.

Desa woko merupakan salah satu desa yang ada dikab.Dompu yang merupakan desa yang masih jauh dari perhatian xerta minim akan sentuhan pemerintah Daerah maupun Nasional, desa yang rindu akan sentuhan para pemerintah Bumi Nggahi Rawi Pahu, jika dilihat dari jauh, desa Woko Pajo tersebut, Woko merupakan desa yang berada jauh dari keramaian masyarakat apalagi Kota,  namun tidak seperti desa desa yang ada dikecamatan lain, didesa Woko sangat banyak sekali masalah yang tampak dengan jelas, karena seperti sekarang ini kita ketahui bersama bahwa kecamatan pekat merupakan kecamatan yang buruk akan pelayanan listrik karena memang dengan adanya jaringan listrik namun masyarakatnya hanya bisa menikmati dimalam hari, begitu pula dengan desa nanga doro yang sekarang merdeka dengan pelayanan listriknya, namun jika dibandingkan jauhnya Pekat yang baru saja merdeka akan penerangan siang dan malam, sebelumnya hanya mendapat giliran listrik diwaktu malam. desa Woko lebih jauh dibelakang antara kedua  Tempat tersebut, memang kenyataannya desa woko masih juga belum merasakan kebahagiaan seperti yang dirasakan oleh sebagian besar masyarakat Dompu lainnya.

Jika dilihat dari segi pelayanan publik seperti sarana pendidikan dan kesehatan, seperti yang dikeluhkan oleh sebagian besar masyarakat yang ada diWoko bahwa didesa Woko sendiri minim akan pendidikan serta pelayanan kesehatannya, Sarana kesehatan dan pendidikan sudah ada tetapi pelayanannya sangat minim jauh dibawah standar.  yang mengakibatkan  anak-anak yang seharusnya meneruskan cita-cita bangsa justru berlalulalang menunggu dan menunggu nasib baik serta buruk yang akan dating yang karena memang pendiodikan mereka sangat-sangat terbatas serta kesehatannya demikian dinilai parah,  puskesdes terbangun dan disediakan, namun masalahnya adalah perawat serta yang berwewenang dalam kesehatannya tidak bisa dijanjikan kehadirannya.

Itu semua bukan kesalahan warga atau sebagainya, yang memang  disitu terlihat memang kondisi jalan yang menghubungi desa ranggi dan Woko belum tersentuh dengan aspal serta medan yang dilintasi cukup menantang, seperti jalannya yang didominasikan dengan tanjakan serta turunan yang sangat parah. Tidak hanya itu disisilain persediaan ternyata kebutuhan pokok mereka juga adajuga yang belum mencukupi seperti kebutuhan air bersih yang hanya mengandalkan penyediaan air dari sungai yang mengalir dan keruing jika musim kemarau tiba. Bersambung... [Azis red] - (01)

Tidak ada komentar :

Posting Komentar