Sabtu, 08 Februari 2014

Pemutaran Perdana Fim Sang Kiai Di Dompu

gb prosesi nonton Bareng sang Kiai
KM. Sanggicu: Sedang asiknya menikmati perjalanan pulang pada jalur Jl.Lintas Mbawi km.06 desa Wawon Nduru Woja selasa malam pukul 21:00, tiba-tiba terlihat keramaian masyarakat Wawonduru ditengah-tengah terob yang telah dipasang dengan rapi tepat dibadan jalan. Membuat perjalanan sedikit terganggu, dan semua pengguna jalan yang menggunakan kendaraan bermotor  yang lewat menggunakan jalan alternativ yang telah disediakan.


Sejenak untuk menggali informasi, terlihat banyak sekali warga yang ikut hadir meramaikan seperti orang tua, tokoh Agama, tokoh Masyarakat aparat Desa setempat dan warga lainnya. Ternyata masyarakat tersebut berdatangan sengaja untuk menonton bareng film Sang Kiai.

Filem yang berdurasi lumayan panjang tersebut menggambarkan kisah perjuangan seorang tokoh islam yang memperjuangkan akidah dan keislaman demi membela agama dan tanah air yaitu KH. Hasyim Asyari beserta santri-santrinya. Alkisah dimana dimasa penjajahan jepang, Indonesia dilarang untuk mengibarkan bendera merah putih, dan memaksa rakyat indonesia untuk melakukan sekerei atau dalam bahasa kampungnya menghormat pada matahari. KH. Hasyim Asyari sebagai tokoh besar agama masa itu merasa bahwa perbuatan tersebut menyimpang agama islam dan menjatuhkan Indonesia yang tanpa bendera Merah Putih.
Filem yang sengaja diputar oleh beberapa kelompok pemuda Nahdlatul Ulama seperti DEC (Dompu English Club), GMD (Gerakan Mahasiswa Dompu) dan KMNU (Komunitas Mahasiswa Nggusu Waru) yang dinamakan GTC (Guru toi center) yang bertujuan untuk mengingatkan bahwa perjuangan sang kiyai dan santri serta umat muslim sangat pahit untuk mencapai kemerdekaan. Serta GTC juga berteujuan mengingatnya bahwa Pemilihan Umum yang tinggal beberapa pekan lagi, mereka menginginkan agar masyarakat Wawonduru memilih sang pemimpin yang mau mempejuangkan Dompu dan Masyarakatnya, tanpa memikirkan kepentingan diri sendiri. Ujar Bastian selaku penanggung jawab GTC.
“kami juga sekalian untuk mengenalkan bahwa ada sosok yang telah berjuang dari dulu untuk memajukan SDM masyarakat NTB yakni Akdiansyah, S.Hi yang dulunya sebagai directur eksekutif LSM LenSA NTB yang Inten terhadap penganggaran yang partisipatif, serta yang mendirikan DPA Kabupaten Dompu yang lehirkan ADD Dompu, yang turut mencalonkan diri sebagai caleg DPRD Propinsi NTB dapil VI (Bima, Kota Bima dan Dompu) serta Ir. Helmi Faisal Zaini sebagai anggota DPRD RI DApil NTB PKB norut 1” Tambah Bastian
Dengan pemutaran film tersebut semua masyarakat yang ikut nonton mengacungkan jempol dan bertepuk tangan bentuk apresiasinya terhadap gerakan pemuda yang mau berbagi ilmu meski liwat film. Az Red

Tidak ada komentar :

Posting Komentar