Jumat, 18 Mei 2012

Asiknya Bergotong Royong

orang tua sedang membuat terob
Km.sanggicu Dompu. bergotongroyong merupakan suatu pekerjaan yang telah dilakukan sejak nenek moyang kita, keuntungannya adalah meringankan serta mempercepat suatu pekerjaan atau akvitas yang dilakukan.
Seperti yang terjadi sekarangini tepatnya di Dusun Dorebara selatan Dorebara Dompu, aktivitas gotong royong dilakukan oleh dejumlah besar mastyarakat guna membantu keluarga bapak M. Hasan yang mendirikan acara untuk pernikahan poutrinya St. Hajar.
pekerjaan yang dilakukan terbagi dalam empat sesuai dengan kemampuan serta peran tersendiri, sehingga terlihat eksis. seperti yang terlihat yaitu orang tua mengambil peran untuk membuat serta mendekorasi tempat resepsi untuk terob (paruga),anak muda tugasnya memotong serta menyiapkan kayu bakar serta pekerjaan berat lainnya, Ibu-ibu serta pemudi berpera dalam dapur untuk persiapan makanan yang akan disediakan, Dan yang bertugas untuk membagi undangan adalah ketua RT, RW serta pemuada yang aktif di desa tersebut yang mengenal lebih banyak orang.
anak muda yang memotong kayu.
banyak pekerjaan yang terselesaikan dan tidak terlalu banyak membuang waktu, dan tidak ada yang hanya duduk berpangku tangan untuk menyaksikan, karena dengan penuh semangat jiwa kebersaan semuanya ikut terlibat. Tidak hanya itu kampung media sanggicu tidak hanya meliuput melainkan mereka ikut serta untuk membagi undangan serta membantu peran anak muda yang memotong kayu dan lain sebagainya.
oleh abdul azis

Tidak ada komentar :

Posting Komentar