Sabtu, 05 Mei 2012

Petani Melakukan Percobaan Baru

gb. kiri padi kanan kedelai.

Km. Sanggicu. Tepatnya disalah satu komplek persawahan so Lanco karena pengaruh cuaca yang kurang meyakinkan akhirnya melahirkan ide percobaan baru untuk sebagian kecil petani.
Seperti salah satu petani yang alamatnya kelurahan Magenda Dompu yang bernama Imran,  karena cuaca yang kurang meyakinkan yang disebabkan hujan yang terus turun membuat petani yakin akan musim hujan dan juga cuaca panas yang cukup menyengat seakan musim panas mulai tiba, membuat beliau untuk mencoba-coba untuk menanam padi karena musim hujan masih panjang dan menanam kedelai karena musim panas.
Karena percobaan inilah membuat sorotan banyak petani sekitar area pessawahannya. Sawahnya yang seluas  1 Ha yang dibagi dalam 4 petak yang masing-masing 2 petaknya ia menanami kacang kedelai dan padi.
Menurutnya ide ini ia ambil dai salah satu petani yang sudah ia kenal lama yang berada di Desa Dorebara yang bernama A.Wahab, ia menyepakati ide ini karena semua percobaan penanaman yang ia lihat yang sering dilakukan oleh bapak A.Wahab ini selalu sukses. Dan juga karena kondisi cuaca yang kurang berkenan yang membuat saya lebih yakin untuk menanam kedua jenis tanaman yang penanamannya pada musimnya tersendiri.
Sampai sekarang ini tanaman padi serta kacang kedelai yang ia tanam masih terlihat sehat tanpa gangguan penykit.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar