Selasa, 23 Oktober 2012

Jelang Hari Kurban Harga Ternak Melunjak


“Hari raya idul kurban yang tinggal menghitung hari kini pasaran ternak semakin melunjak” itulah sepatah kalimat yang dilontarkan oleh bapak Jamal saat ingin membeli ternak kambing untuk dikurban kannya Jum’at  (26/10) esok.

Tepatnya di desa Nowa kec Woja, dipinggiran jalan raya antar Ptropinsi yakni JL. Lintas Sumbawa yang sepnjang 100 meter terlihat hewan ternak kambing yang dijual oleh bapak Sukrin(48) Asli Dompu yang mangkal hampir sepekan ini sengaja menjualnya ditempat terebut, yang memang seperti yang dikatannya saat mengobrol dengan tim KMSD”Kampung Media Sanggicu Dompu” di tempal mangkalnya bahwa kebiasaan tersebut sudah sering dilakukan ditahun-tahun sebelumnya dan tidak hanya bapak sukrin yang menjual kambing tersebut melainkan banyak penjual lainnya juga.

“Dengan momen menjelang hari raya Idul Adha atau sering dikenal dengan hari raya Idul kurban ini tidak heran jika harga ternak sedikit naik, yang karena memang kebutuhan para pembeli sangat penting dan terbatas sehingga harga yang biasanya Rp 750 Ribu / ekornya, maka disaat seperti sekarang ini harga kambing naik sampai dua kali lipat menjadi Rp. 1.500.000 dan yang sehargaRp. 1 juta keatas maka di naikan sampai Rp 2 jutaan. Maka tidak heran lagi banyak nya pembeli yang memasang wajah sedikit cemas karena kecewa, namun karena kebutuhan akan berharap ridho yang lebih dari yang maha Kuasa maka mereka akan membelinya seperti yang dilakukan oleh para pembeli terlebih pak Jamal yang barusan membeli” ujar pak Sukrin

Dari bapak Jamal sendiri selaku pembeli merasa tidak begitu kecewa akan tindakan yang dilakukan oleh para pedagang yang sekarang ini, “namun benar seperti apa yang dikatakan bapak sukrin kalau sudah yang namanya kebutuhan yang mendesak maka tida boleh nolak karena takutnya dipenjual yang lainnya menjualnya dengan harga yang lebih tinggi lagi” ungkap pak Jamal.

Memang seperti yang terlihat sekarang ini, bukan hanya ternak Kambing yang mengalami kenaikan harga, melainkan ada yang lebih meningkat lagi seperti harga Sapi, Kerbau dan Bahkan Ayam juga melami kenaikan harga mencapai harga dua kali lipatan. (AA*) 

Tidak ada komentar :

Posting Komentar