Jumat, 14 Desember 2012

Angin Beserta Hujan Menghambat Pertanian



Musim hujan tahun ini tidak jauh beda dengan mnusim hujan sebelumnya, karena curajh hujan yang turun hampir setiap hari untuk satu pekan terakhir, namun yang sedikit membuat petani terganggu adalah turunya hujan yang disertai angin kencang.

Akhir-akhier ini hujan disertai angin kencang sedikit menghambat aktivitas masyarakat Dompu Umumnya dan petani Khususnya, yang dikarenakan memang petani saat ini disibukan dengan musim tanam untuk wilayah dompu selatan dan memanen untuk dompu bagian utara dan timur.

Dengan hujan yang beserta angin kencang, petani banyak mengeluh sebab banyak bibit padi yang sudah dicabut dan siap untuk ditanam terseret terbawa arus air. Bahkan banyak petani yang tidak berani untuk pergi kesawah jika hujan turun, sebab hujan yang disertai angin kerap keli terjadi petri.
Dimusim hujan tahun lalu, sekurangnya ada lima warga Dompu yang meninggal ditempat sesaat setelah tersambar petir saat hujan beserta angin, dan tidak hanya itu banyak juga petani yang ketakutan biasanya 
hujan tersebut akan mengakibatkan banjir beserta pohon mudah tumbang.

Hadne salah seorang petani warga Mbawi mengatakan  bahwa, akhir-akhir ini hujan disertai angin menerjang kota maupun desa yang ada di Dompu dengan kondisi cuaca seperti ini dia cukup khawatir 
"jangankan untuk pergi kesawah, keluar rumah pun saya sangat takut".

Untuk antisipasi banyak petani yang memilih untuk pergi kesawah lebih awal disbanding harisebelumnya, serta menggajih buruh lebih banyak lagi agar proses penanamannya lebih cepat terselesaikan. (*Iwn.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar