Senin, 24 Desember 2012

Banjir, Dompu Direndam Lagi

Gb. Rumah saat terendam banjir

Banjir…, itulah yang terjadi jika hujan melanda terlalu deras dan besar, seperti apa yang terjadi di Kabupaten Dompu siang tadi.

Hampir seluruh pelosok yang ada di kabupaten Dompu dilanda oleh hujan, area perkotaan sampai pesisir pinggiran desa termasuk wilayah persawahan dan ladang pertanian. Hujan yang melanda selama 3 lebih yaitu sejak pukul 12:20 sampai 15:00 yang disertai angin mebuat warga sedikit cemas akan banjir.

Namunternyata kebanyakan warga yang mencemaskan hal tersebut ternata menjadi nyata, seusai hujan reda banjir melanda Dompu area perkotaan, pasar bahkan pedesaan. Fakta membuktikan bahwa Banjir meluap di jembatan Raba Laju dan beberapa sungai besar lainnya, yang kini menjadi korban adalah warga yang tinggalnya di bawah, seperti desa Waeonduru dan Bolo kecamatan Woja Dompu serta desa Mbawi kecamatan Dompu, banjir yang dirata-ratakan setinggi 20 cm sampai 60 cm di masing-masing tempat desa dan Kelurahan.

Akibatnya  air yang meluap mengganggu aktifitas warga dan pengguna jalan raya yang melintasi jembatan Raba Laju di lingkungan Raba laju yakni jembatan penghubung Jalan Lintas lakey serta Jembatan Sori Wono kelurahan Kandai Satu yang mengakibatkan banyak kendaraan berantri serta banjir merusak are persawahan So kandai satu, So Doro Cumpa, So Doro Luba, So Dorebara-Mbawi dan So Bolo Wawo Woja.

Tidak hanya itu banyak warga yang kewalahan membendung rumah karena kemasukan air, seperti salah seorang warga yang menjadi korban kebanjiran, yakni bapak Ramli yang tinggal di lingkungan Wawo Nduru Woja.
“Sebelumnya kami sudah mengira akan terjadinya banjir kerena hujan begitu lebat yang disertai angin, seteah reda maka kami melakukan pembendungan di persawahan kami agar padi kami tidak diganggu serta pembendungan masing-masing Rumah namun ternyata banjir yang datang dari atas diluar dugaan yang mengakibatkan rumah kami terendam dan pertanian kami rusak” jelas pak Romli

Akibatnya pula pertanian warga sedikit rusak dan barang-barang rumah tangga warga basah terendam air, banyak warga yang mengeluh akan banjir kali ini, walaupun banji untuk sekrang ini tidak sebesar banjir yang melanda di tahun sebelumnya, seperti yang dikeluhkan oleh bapak Yasin warga Kandai Satu Dompu
“kalau sudah banjir begini yang pasti sasaran nya rumah kami terendam karena letakya agak kebawah, persawahan kami akan mengalami kerusakan serta aktifitas lain terhambat karena jalanan dibanjiri, yang kami harapkan adalah mudah-mudahan ada warga yang lainnya yang ikut serta untuk membantu kami mengevakuasi barang-barang kami dan mau bergotong royong menaggul area persawahan dan membersihkan sisa sampah yang berserakan dijalanan yang menghambat dan mengotori jalanan di depan rumah kami” Pinta pak Yasin (*Riz

Tidak ada komentar :

Posting Komentar