Sabtu, 07 Juli 2012

Teknologi Maju Puluhan Langkah

ilustrasi pedagang sayur
Dengan banyaknya ilmu pengetahuan dan teknologi yang diterapkan dan nampak ditipa pelosok, mempengaruhi semua kebudayaan yang biasa dilakukan oleh oleh masyarakat sebelumnya, namun banyak yang menanggapi bahwa teknologi adalah suatu terapan yang memudahkan serta meringankan beban yang kita jinjing. namun semua teknologi ada resiko serta tantangan yang akan timbul.
Seperti yang kita rasakan sekarang ini contoh kecil dengan adanya teknologi yang membawa perubahan yaitu dulunya penjual sayur serta lauk dengan cara menenteng atau jualan dengan bakulan dengan diiringi teriakan khas mereka, namun dengan majunya teknologi penjual bakulan dan tentengan seperti di desa Dorebara tidak dapat ditemukan karena mereka sudah menggunakan gerobak dorong, alasan mereka seperti Aminah salah seorang penjual bakulan yang menggunakan gerobak bahwa bakulan yang kemarin cukup menguras tenaga dan barang dagangannya sedikit saja yang bisa dibawa, dan akhirnya dengan adanya juga bantuan pemerintah akhirnya gerobak yang digunakan karena barang daganya bisa ditambah, dan juga lebih meringankan beban tampa menguras banyak tenaga.
namun disisi lain bakulan yang kemarin bisanya mendatangi rumah perumah para vpembeli dan langganannya, namun sekarang ini penjual bakulan yang menggunakan gerobak hanya keliling di area gang dan jalan raya sehingga para pembeliu merasa malas untuk keluar bagi yang rumah nya dibelakang, dan juga barang dagangan yang dibawa  sering tidak laku / ada sisa, dan ini yang akan menyebabkan kerugian bagi mereka selaku penjual, ujar Aminah selaku penjual. *'Azis,*

Tidak ada komentar :

Posting Komentar