Jumat, 11 Oktober 2013

Perjuangan Ompu Emo

Km. Sanggicu: Sabtu (12/10) Ompu Emo nama sapaan yang sering di panggil oleh anak cucunya kepada kakek yang bernama asli Umar Usman. Ompu Emo tinggal di dusun teke/dorebara utara.

Keseharin ompu Emo semasa tua sekarangg ini hanya menganyam alang-alang untuk dijadikan anyaman untuk mengatapi saungan. Kakek yang berumur 80 tahun yang hanya mengurus istri tercinta Sei ini mengakui telah mengerjakan pekerjaan semasih ia berumur 65 tahun hingga saat ini.  beliau jugamengakui kerjaannya untuk mencukupi kebutuhannya sehari-hari bersama istritercintanya wai Sei yang bernama lengkap Samsiah.  "dengan sisa usia saya yang sekarang ini, sYa hanya mampu meneruskan kehidupan saya bersama istri dengan menganyam alang-alang,karena hanya ini keahlian saya. Saya punya anak cucu yang mau membantu tapi saya menolaknya karena saya merasa diri saya mampu" ujarnya.

Selain menganyam alang-alang, bapak yang kini menjadi buyut untuk keturunannya ini sebelum menganyam ia mencari dan mengumpulkan alang-alang dengan sendirinya disawah yang jaraknya ratusan meter bahkan mencapai bahkan lebih dari 1 kilo meter.

Ompu Emo merupakan sosok kakek yang pantang menyerah demi tanggung jawabnya sebagai kepala keluarga, sehingga ia tidak ingin anak cucunya terbebani dengan kehidupannya.( azis red)

Tidak ada komentar :

Posting Komentar