Senin, 18 November 2013

Gubernur NTB Mendorong Sultan Dompu Untuk Dijadikan Calon Pahlawan Nasional

Gb. sesaat sebelum Acara Seminar
dibuka
Seseorang calon yang pantas dijadikan pahlawan jika sudah terbukti melawan serta menentang penjajah dimasa hidupnya, dan proses gelar pahlawan membutuhkan berbagai syarat serta waktu yang sangat paanjang, dan jika semuanya lengkap dan memenuhi syarat makan sultan Muhammad Siradjudin bisa dijadikan pahlawan nasional
Ujar Aisyah selaku mentri sosial RI yang bertugas sebagai kasubdit penghargaan.

Seminar budaya tentang usulan pahlawan nasional yang berlangsung Minggu 17 November kemarin tepatnya di Hotel Lombok Plaza mengundang banyak simpatisan serta dukungan penuh untuk Sultan Muhammad Siradjudin yang dikenal sebagai sultan Dompu yang ke 20 atau raja ke 28 dari seluruh raja atau sultan Dompu. Sultan yang dikenal lekat sebagai sultan “Manuru Kupa” yang artinya sultan terbaik yang meninggal di Kupang serta yang sering disebut sebagai “Hawora Ninu” yang berarti menjadi cermin bagi orang lain yang selalu membangkang terhadap penjajah semasa hidupnya yakni Hindia Belanda kini Beliau disebut-sebut sebagai calon pahlawan Nasional.

Dari seminar tersebut dihadiri oleh beberapa tokoh masyarakat, tokoh pemuda / mahasiswa, Gubrnur NTB yang diwakili oleh Bapak Burhannuddin S. Sos, Bupati Dompu yang diwakili oleh Staf Ahli yakni Bapak Ir. Syamsuddin. Serta anak cucu dari sultan sendiri yakni Hj. St Aisyah dan Muh. Kisman Pangeran yang sekaligus sebagai penulis dan Ketua dawan pertimbangan forum kekeluargaan pemuda Dompu se-Jabodetabek.

Seminar yang diadakan merupakan salah satu bentuk persyaratan untuk layaknya seorang tokoh calon sebgai pahlawan Nasional hal tersebut diungkapkan oleh Aisyah selaku mentri Sosial yang akan menilai dokumen-dokumen kalayakan tokoh “Banyak persyaratan yang harus dipenuhi dan dipertimbankan untuk mengusulkan seorang tokoh sebagai calon Pahlawan nasinal, seperti bentuk sejarah yang dilakukan dengan menentang dan melawan penjajah, pernyataan masyarakat serta data dan kumpulan dokumen penting semasa hidupnya, yang salah satunya juga adalah dilakukannya seminar seperti yang dilakukan sekarang” ujar Mentri Sosial, hal tersebut juga dibenarkan oleh Kisman Pangeran yang merupkan cucu atau pendukung tokoh untuk dijadikannya pahlawan nasinal.


Dukungan serta keinginan pemerintah untuk dijadikan pahlawan national terhadap Sultan juga diungkapkan lewat sambutan Gubernur NTB serta Bupati Dompu seperti yang tertuang dalam sambutan Gubrernur NTB yang diwakili oleh Burhanuddin, S.Sos “Sultan Muhammad Riradjudin layak dijadikan pahlawan Nasonal, karena di beberapa propinsi lain sudah banyak pahlawan yang disulkan dan bahkan sudah banyak yang jadi pahlawan nasional, kenapa kita di NTB tidak bisa, maka pada kesempatan ini mari kita dukung bersama-sama untuk mengharumkan nama Dompu yang berdampak untuk NTB” ujarnya.
"Dan juga hasil dari pada seminar atas keputusan pemerintah pusat layak atau tidaknya menjadi pahlawan nasional kita tunggau besok 10 November tahun depan" tambah Kisman Pangeran disela Seminar. (Az)

Tidak ada komentar :

Posting Komentar