Minggu, 24 November 2013

Mengurangi Angka Pengangguran Dengan Membuat Keterampilan

Gb. Praktek Penyablonan
KM. Sanggicu: Salah satu masalah terbesar yang ditanggung oleh masyarakat Dompu NTB yaitu tingginya angka pengangguran yang kini terbilang sudah meraja lela, dengan membuka usaha baru mungkin saja bisa mengurangi angka pengangguran yang ada di propinsi ini.


Dengan keterbatasan lapangan kerja meningkatnya ngka pengangguran yang ada, kini muncul ide kreatif dari salah seorang yang merupakan pemerhati masyarakat daerah tertinggal, Akhdiansyah (36) salah satunya, pria yang kerap dikenal Yong-Q ini justru mencari solusi untuk mengurangi angka pengangguran yang ada dikabupaten Dompu. salah satu terobosan yang dilakukannya yaitu dengan membuka pelatihan sablon-menyablon kepada Mahasiswa, Pemuda dan kelompok Masyarakat.

Seperti yang terlihat di sekretariat bersama FKGMNU kab. Dompu yang tepatnya lingkungan salama Jl. Pelita, Bada- Dompu, Minggu (24/11) sekumpulan mahasiswa, dan pemuda bergabung untuk bersama-sama mempraktekan langsung kegiatan sablon menyablon.

Dengan alat yang sederhana dan cara kerja manual tanpa menguras modal yang banyak, kelompok praktek tersebut merasa sangat bangga dengan kegiatan tersebut, karena dengan keterlibatannya, mereka bisa sekaligus membuka lapangan kerja dilingkungan tempat tinggal mereka. Ahmad M. Said (24) misalnya, pria yang biasa disapa samu yang bertmpat tinggal dilingkungan Kampo Samporo Bali Satu ini merasa sangat diuntungkan " Dengan menghadiri pelatihan ini saya bisa mempelajari secara langsung cara penyablonan, karena selama ini saya hanya menyablon baju dan kaos saya ditempat lain dengan membayar orang, tetapi sekarang rasanya saya ingin menyablon sendiri dan dibayar oleh orang yang ingin menyablon" ujarnya sedikit gembira.

Tidak hanya samu yang ikut bangga, Bah Nasar (25) pemuda asal simpasai ini juga turut berbangga dengan apa yang ia dapatkan " mungkin dengan ini saya bisa membuka usaha sndiri dan mengajak teman-teman pemuda yang ada di lingkungan simpasai Woja untuk bergabung dengan saya, dan ini juga bisa sedikit menambah pemasukan saya dan teman-teman" pungkasnya

Yong-Q sendiri berharap dengan kegiatan ini, semua pemuda yang terlibat bisa menjadi firus kebaikan yang akan membagi pengetahuannya ditempat tinggal mereka " dengan kegiatan sederhn ini, mungkin saja bisa mengurangi angka penganggurn, dan mereka yang terlibat pada pelatihan ini mau membagi pengalaman dan pemgetahun ditempat tinggal masing-masing agar ilmu yang mereka miliki tidak sia-sia" Ujarnya dengan penuh harapan (Az)

Tidak ada komentar :

Posting Komentar