Senin, 13 Februari 2012

Jagung Yang Terserang Hama Penyakit dan Sumber Masalah Baru

Jagung yang terserang hamapenyakit
Banyak para petani yang menanam jagung karena tergiur akan hasil panen yang banyak, serta meyakinkan dapat mengurangi anka kmiskinan seperti yang diutarakan oleh bupati dompu, namun lain halnya dengan kondisi yang dialami oleh sebagian besar petani yang ada di desa dorebara mbawi karena jagung di kedua khususnya  sesa serta desa desa yang lain umumnya  yang mengalami kegagalan dalam bococok tanam karena di serang oleh berbagai penyakit serta di ganggu oleh hamaBanyak langkah serta cara yang diambil oleh para petani guina mencegah penyakit yang menyerang seperti ulat grayak yang menyerang daun serta hama werteng yang menyerang batang dan mengakibatkan kerusakan yang uckup merugikan. Tak lama setelah terserang penyakit kini para petani disibukan lagi dengan berbagai macam hama seperti  babi serta sapi, namun baru-baru ini ada pula hama yang sangat agresif baik di malam hari maupun siang hari yaitu serangan kera ekor panjang  yang mengakibatkan kerusakan pada buah jagung tersebut.

Para petani kini betolak belakang dengan penerobosan program bupati dompu, karena dengan bertani jagung ini, petani lebih kurang memperhatikan lahan sawah padi mereka karena disibukan untuk terus mengurus sereta menjaga jagung mereka. Menurut sebagian warga jagung banyak merugikan seperti halnya pupuk yang kemarin menjadi bahan yang langka karena banyak yang teralokasikan untuk jagung dan padi kurang terkontrol jatah pupuknya, sekarang lagi padi adalah sumber bahan makanan pokok Indonesia umumnya sertra dompu khususnya, namun dengan adanya jagung kini padi menjadi sampingan dan jagung yag diproritaskan untuk kepentingan, sedangkan jagung bukan bahan makanan pokok dan padi kini mengalami penurunan angka produksi karena setelah gagal pada pertanian dan jugakurang diperhatikan proses pemupukan serta pengobatannya.

Lain halnya dengan harga, harga jagung sekarang lebih rendah dibanding harga padi lebih tinggi dan mencapai tiga kali lipat dari jagung dan memungkinkan para pedagang dalam maupun luar kabnupaten dompu lebih mengincar pada padi dan untuk jagungnya mungkin lain kali. Dan kesimpulannya karena padi sekarang sudah di penuhi oleh jagung, angka kemiskinan di Kabupaten Dompu diprediksi akan meningkat lagi.

1 komentar :

  1. informasi yang sangat menarik teirma kasih atas penampainnya yang sangat informatif gan dan jangan lupa berkunjung juga yupz ke blog saya !
    Pengobatan Penyakit Asam Urat

    BalasHapus