Senin, 13 Februari 2012

Masalah Kecil Membuat Gunung Jati Gundul

Proses penebangan pohon jati
Banyak hal yang dapat memicu terjadinya suatu masalah, bayak pula hal-hal yang bisa memicu terjadinya perdamaian dalam suatu maslah. Mungkin itulah kata pembuka yang pantas mendahului suatiu masalah yang terlihat spele namun membawa dampak yang sangat serius untuk sekarang ini dan esok hari. Mengapa demikian karena kemarin telah terjadi percekcokan dari keluarga besar H.Usman (Alm) yang mengakibatkan terjadinya masalah serius yang terlihat untuk sekarang dan esok hari.

Dampak yang terlihat
Penyebab terjadinya percekcokan yang mengakibatkan kerusakan dengan pembabatan kayu jati yaitu, bermula saat salah satu anggota keluarga mereka yang memotong kayu jati untuk kebutuhannya sebanyak lima pohon, namun karena salah tanggapan dari keluga yang lainnya sehingga menimbulkan percekcokan dengan alasan mengambil alih warisan orang tua mereka sedangkan yang memotong kayu jati ini tidak ada maksud yang demikin.

Setelah satu hari percrekcokan terjadi, karena timbulnya rasa tidak ingin rugi serta ketinggalan sehingga anggota keluarga yang lainnya ikut menebang jati tersebut pembabatan gunung jati yang hampir satu setengah hektar (1 ½ H) habis ditebang ini kini menguntungkan warga Dorebara Slatan karena letaknya di desa Dorebara karena proses penebangan yang saling berebut serta dipicu dengan emosional serta keegoisan yang berlebihan.

kayu hasil dari penebangan serta hasil dari perebutan antara keluarga yang bersangkutan.
Penebangan ini mengakibatkan gunung jati yang disebut dorombolo ini gundul, mungkin esok panas serta kekeringan akan dialami dusun Dorebara Selatan.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar