Sabtu, 10 Maret 2012

Cuaca Buruk Mematok Harga Gabah Dompu

Cuaca buruk yang melanda lahan persawahan Dompu

Dompu 12/03/2012. Sudah bebrapa hari terakhir ini, dompu didatangi tamu tanpa diundang, mengapa? Karena  hampir semua daerah  di kabupaten Dompu diguyur oleh hujan baik disiang hari maupun malam hari. Dan juga dengan sauna cuaca yang seperti ini,sebagian  para petani yang saat ini sedang memetik hasil jerih payahnya  selama tiga bulan lamanya mereka menunggu dengan penuh kesabaran dan ketekunan untuk memanen semua  hasil tani mereka.

Tapi sayangnya disaat para petani mendambakan upah dari jerih payahnya yang diperkirakan menjulang, kini dipatok oleh cuaca buruk yang menjadi alasan para pedagang yang membeli dengan harga yang kian hari makin menurun.

 Para petani tidak mampu mengelak dan mempertahankan gabah mereka karena dihambat oleh kebutuhan sehari-hari dan begitu mendesak yang membuat mereka memaksakan melepaskan gabah mereka dengan harga yang kian sedikin dan semakin menurun.

Para petani berharap adanya patokan harga yang sesuai dengan jerih payah mereka walau disaat situasi bagaimanapun kalau bisa jangan hanya pedagang dan para pebisnis yang menentukan harga tapi pemerintah yang berurusan dan memiliki peranan penting pada bidang pertanian serta penentuan harga ikut serta untuk menentukan harga. (ujar A. Wahab H.U Dorebara Dompu salah satu petani )

Tidak ada komentar :

Posting Komentar