Jumat, 23 Maret 2012

Perkemahan Warga Suku Donggo


perkemahan suku donggo
Tepatnya di bawah kaki Gunung Cumpa lingkungan kandai satu kec dompu, terdapat banyak perkemahan orang – orang bima yang asli dari suku donggo mereka berkemah ditempat tersebut bukan hanya sekedar berkemah, melainkan mereka datang untuk memanen padi guna mencari nafkah. Mereka berkemah sudah sejak sepekan yang lalu.
Banyak lahan persawahan yang mereka kerjakan seperti di so doro cumpa, so doro luba serta lain sebagainya ada juga yang sampai hadir di so klonco selatan dan so doro mbawi. Mereka mengutarakan bahwa memang adat mereka dari dulu jika saat musim panen tiba, maka mereka akan berdatangan dengan menggunakan truk serta alat kendaraan lainnya guna mereka mengharapkan  mendapat padi dari hasil kerja kerasnya.
Mereka mengaku senang dengan apa yang mereka lakukan meski dengan berkemah belasan hari dipinggiran jalan ekonomi serta lahan persawahan, asalkan mereka mendapatkan nafkah untuk mencukupi kebutuhan keluarga mereka, dan juga musim panen diDompu lebih cepat dibandingkan musim panen diBima dimana tanah tempat tinggal mereka.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar