Minggu, 02 September 2012

Aset Berharga Yang Tersembunyi

gb. sumber air panas asin dari atas
Memajukan daerah tidaki hanya bergantung pada bantuan pemerintah Negara, menunggu sumbangan juga berharap proyek yang benilai tinggi, melainkan memajukannya yaitu dengan mengembangkan serta mampu mengelola suatu aset yang berharga seperti tempat pariwisata dan sejarah kebudayaan.
Seperti di Dompu Khususnya di Hu'u banyak sekali aset yang sangat bernilai seperti salah satunyapantai lakey yng terkenal akan ombaknya, sejarah kebudayaan seperti Wadu Tanda Rahi, Gua jepang, makam belanda, dan kini ada juga sumber air panas serta sarang burung walet yang letaknya puluhan kilo dari perkampungan yang berjarak 20 Km yang memakan waktu ditempuh dengan kendaraan bermotor atau berjalan kaki selama 3jam lebih. sumber air panas yang bersumber dari panas bumi yang panasnya mencapai 200 drajat celcius Ini bertempatkan di pinggir laut lepas yang diapit oleh dua gunung yang menyimpan sejuta nilai yang berharga seperti sarang burung dan di indahkan oleh adanya menara yakni mercusuar yang mengintai yang knon katanya berdekatan dengan perbatasan negara Indo-Australi bagian selatan dan bagian timur merupakan perbatasan Dompu-Bima dan tidak jauh dari perbatasan propinsi NTB-NTT.
Tidak banyak masyarakat yang mengetahui tempat ini, dan jikalau ada mereka tidak sanggup untuk datang karena kondisi jalan serta jaraknya yang memakan waktu.
sebelah selatan gunung tempat sarang walet
banyak memang harapan yang terucap dari masyarakat, yaitu bagaimana bisa memajukan skaligus menganggkat aset-aset Dompu seperti salah satunya air panas ini yang cukup menarik banyak wisatawan dan keuntungan. Sumber air panas tidak hanya air tawar melainkan air asin juga ada, maka ini yang membuat  perbedaan dengan air panas lainnya. Azis

mercusuar sebelah timur

sumber air panas tawar.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar