Jumat, 20 April 2012

Acara Khitanan Dengan Rangkaian Kebudayaan diMeriahkan Oleh Waria Kesurupan.


waria saat terjatuh pingsan karena kesurupan
Km.Sanggicu. acara khitanan adalah salah satu acara yang wajib dilakukan oleh anggota keluarga muslim terhadap anak perempuannya, itulah yang diajarkan untuk seluruh umat muslim.
Seperti halnya yang dilakukan oleh bapak Briptu Muslimin M.Yakub yang beralamatkan Dusun Ntori(dorebara selatan) Dompu Ju’mat  - Sabtu(20-21/04) ,  ia melakukan penghitanan terhadap putri pertamanya. Biasanya kebanyakan orang mengkhitan serta menyunat putra putri mereka dengan sederhana dan mudah tanpa melakukan acara – acara hajatan yang resmi yang telah diajari dengan kebudayaan Islam Dompu.
Tapi sudah 2 tahun terakhir acara sunatan serta khitanan dengan menggunakan metode yang diajari tidak dilakukan lagi, dengan acara khitanan anak dari bapak muslimin, ia mampu menerapkan acara khitan putrinya dengan semua rangkaian acara kebudayan Dompu. Yaitu mbaju, hadra,  kapanca, boe genda dan ufi silu (istilah bahasa Bima).
Banyak warga yang hadir turut memriahkan acara. Yang membuat bahan omongan serta tontonan masyarakat yaitu disaat boe genda(pukul gendang)  yang disertai ufi silu(sruling), karena saat acara itulah akan ada penampilan dari beberapa warga yang akan ‘bolo (kesurupan) karena menurut orang tua bahwa orang yang kesurupan adalah orang yang dirasuki oleh arwah go’ib yakni arwah leluhur yang ikut serta hadir pada acara yang berlangsung. Tapi sayangnya warga yang kesurupan adalah seorang Waria yang biasa disapa dengan panggilan Mba Netti yang nama aslinya adalah Ibrahim yang memicu tawaan orang disaat jika musik berhenti untuk sejenak maka bencong yang kesurupan jatuh pingsan dan sadar kembali.
Acara ‘Bolo/Kesurupan ini berlangsung heboh dan lama sekitar 2 jam, karena banyak warga sekitar yang menonton baik orang tua-maupun anak-anak.
Setelah berakhir cara boe genda dan berakhirah acara hiburan budaya malam harinya dan berlanjut pagi harinya dengan  puncak acara yaitu Khitanan dan diakhiri dengan resepsi perjamuannya sore harinya.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar