Selasa, 17 April 2012

Merantau Sementara...

gambar saat mereka berangkat.
Km. Sanggicu. banyak warga masyarakat yang pergi merantau kedaerah yng lebih maju karena kurangnya nilai ekonomi pada lingkungan keluarga mereka, dengan merantau mereka bisa memenuhi kebutuhan keluarganya dengan rezki yang akan mereka dapatkan.
Sepereti halnya yang telah dilakuka oleh sebagian kecil warga yang berada diberbagai desa yang ada dikec. Dompu, seperti warga kelurahan kndai satu Dompu, Dorongao, Dorompana, Mbawi, potu II, serta desa lainnya karena mereka beralasan dengan mencari nafkah diluar sana mereka bisa menncukupi dan memenuhi kebutuhan keluarganya. Biasanya mereka berangkat kesana dengan berkelompok, sekitar 8-10 orang dan mereka biasanya berangkat dengan menggunakan angkot serta truk karena banyaknya anggota serta alat-alat yang erek bawa lumayan banyak juga.
mereka pergi encari nafkah yakni tepatnya di Kab. Sumbwa, karena memang sudh menjadi kebiasaan setiap tahunnya mereka merantu masal dengan pekerjan menjadi buruh tani. alasannya hanya pekerjaan itulh yang biasa mereka lkukan dan juga merek juga harga padi disana jauh lebih mahal dibandingkan harga padi diDompu, bukan hanya itu mereka meninggalkan sebagian anggota keluarga serta kerabat dan kampung hal;amannya untuk sementara sekitar 20 hari atau juga lebih, karena sulitnya mendapatkan pekerjan di Dompu, karena sekarang ini par petani Dompu sedang dialami kesusahan dengan ekonom karena musim panen mereka sudah berakhir dan bertepatannya dengan musim panen diSumbawa maka merek mengharuskan pergi untuk mencri nafkah untuk kebutuhan mereka.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar