Rabu, 04 April 2012

Perayaan Hari Ulang Tahun Dompu, Digelar Promosi Lomba Pentas Seni Budaya Dompu

foto pembukaan pentas seni dan Budaya
KM Sanggicu. Perayaan hari jadi dompu yang ke 197 pemerintah dompu melakukan kegiatan lomba pentas seni dan budaya kabupaten dompu yang diadakan dikantor camat dompu dan diselenggarakan oleh kabid Promosi pariwisata dan budaya Dompu. acara yang berlangsung sejak malam tanggal 01 April ini dan berakhir tanggal 08 april.
Acara pentas seni dan budaya Dompu dibuka secara resmi oleh bapak Sekda (sekretaris daerah) Dompu yang telah mendapat perintah langsung dari bupati Dompu HBY berhubung bapak HBY sedang berada diluar daerah Dompu.
Dalam pengantar ketua panitia promosi pariwisata dan budaya Dompu bahwa, "acara tersebut diadakan berdasarkan surat bupati Dompu tgl.12 maret 2012 no.22 /panitia HUT DOMPU tentang pembentuka panitia hari jadi Dompu yang ke197 tahun 2012, yang bertemakan hari jadi dompu ya g ke197 "Mari kita tingkatkan seni dan melestarikan budaya masyarakat Dompu. dari banyaknya seni budaya dompu adapun beberapa mata seni budaya yang di lombakan dalam acara promosi ini yaitu antara lain:- Pidato bahasa daerah Dompu, -kareku kandei, -biola, -asrafal anam, -dan Hadra. para peserta telah dipilih dari desa dan kelurahan yang merupakan duta kecamatan yang ada dikab. Dompu, berdasarkan data yang ada terpilih 59 regu yang mewakili kecamatan nya masing-masing. yaitu kec. Dompu, kec. pajo, kec. Hu'u, kec. Woja, dan kec Kempo. dari peserta yang terpilih mereka memiliki kemauan yang tinggi dan mampu mengangkat harkat dan martabat budaya Dompu, dan penilaian pun merupakan penilaian yang potensial untuk dikembangkan. adapun sumber dana yang diambil untuk acara ini yaitu dari APBD II yang telah kami arahkan pada semua acara kegiatan yang berlangsung selama 8 hari dan apabila kekurangan dana maka kami dari panitia melakukan konfirmasi kepada bapak bupati yang terhormat" ujar nya.
dan menurut bapak Ir.Wahiddin Msi, kabid promosi wisata dan budaya Dompu yaitu "Dalam rangka penyambutan hari jadi Dompu yang jelas lain tujuan kita yaitu melestarikan seni dan budaya kita, dimana masyarakat dompu agar lebih tahu seni dan budaya dompu yang ada. dan ini juga merupaan kegiatan yang merupakan salah satu daya tarik untuk wisatawan  yang mana dengan seni budaya daerah ini yang telah kita promosikan merupakan aset untuk daerah kita.  
acara ini juga diadakan guna supaya kita dan generasi penerus kita bisa mengenang dan mengetahui serta tidak melupakan seni budaya kita, ini merupakan harapan besar kita semua.dengan beberapa mata lomba yang kita adakan merupakan kebiasaan sesepuh serta nenek moyang kita dulu seperti kareku kandei ini yang hampir punah, seperti yang diceritakan oleh orang-orang tua dulu kareku kandei merupakan kegiatan saat dulu adanya putri raja jika ingin memanggil dayang-dayangnya maka akan melakukan kreku kandei guna bahwa musim panen serta tumbuk padi akan segera dilakukan dari segi sejarahnya, dan dari segi budaya Dompu kareku kandei ini dilakukan oleh ibu-ibu jika saat perayaan sunatan, nikahan, serta hajatan pada jaman dulu. nah... dengan adanya acara seperti ini dari segi promosi kita bisa langsung mempromosikan keberbagai daerah lain tentang seni dan budaya kita.
alasan selanjutnya juga kita melakukan promosi gelar seni dan budaya kita yang langka ini bahwa kita bisa menarik perhatian dari wisatawan - wisatawan baik luar negri maupun dalam negri, karena umumnya wisatawan sangat tertarik dengan acar-acara seperti acara kebudayaan ini.
harapan nya agar seni budaya kita ini dilestarikan dan dilakukan bukan saat perayaan hari jadi Dompu saja tetapi dilakukan juga saat perayaan hari-hari besar dan sejarah lainnya, seperti 17san, sumpah pemuda, dan lainnya.
pesan dan kesan saya agar tetap dilestarikan dan dikembangkan agar budaya kita tidak dilupakan dan tidak punah. dan juga agar generasi muda kedepan lebih tahu dan paham tentang seni budaya kita".ujarnay(azs)

Tidak ada komentar :

Posting Komentar